Monday, June 17, 2019

Sehat Menuju Bahagia


Berkaitan dengan usia bertambah dan juga terjadi degradasi fungsi dan metabolisme tubuh maka salah satu solusi adalah melakukan perubahan terhadap pola makan. Diharapkan perubahan menuju sehat ini tidak seperti hangat2 tai ayam saja, namun berlangsung konsisten sampai akhir hayat...amin.


Rencana perubahan pola makan yang pertama adalah mengurangi kuantitas dari nasi atau karbohidrat seperti bubur ayam, mie ayam atau mie goreng yang masuk ke dalam tubuh, frekuensi semula sebanyak 3 kali, direncanakan akan dikurangi menjadi 2 kali, dan sebagai pengganti 1 kalinya makan sayur-sayuran dan buah segar di malam hari.



Belajar untuk konsisten tersebut memang sulit di awal nya, namun semua itu harus dilakukan berhubung karena kondisi tubuh harus dipaksa untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Tentu saja merubah kebiasaan akan sulit di awal nya saja, bayangkan sudah terbiasa puluhan tahun makan nasi di pagi hari, siang hari dan malam hari, kemudian berganti pola makan untuk makan nasi di pagi dan siang hari saja, sedangkan malam memakan sayuran dan buah2an segar. Pastinya sesuatu yang sulit dilakukan, Tapi niatkan dengan kuat makan akan ringan melaksanakannya.


Nah...berbekal niat...kemaren hari sabtu mulailah membeli sayur2an yang biasanya digunakan untuk membuat salad, dan kemudian membeli buah yang lebih banyak dari biasanya.

Mulai sabtu itu, tanggal 16 Juni 2019, dengan tekad bulat diniatkan makan malam hanya dengan sayuran dan buah2 saja, No Nasi...atau No Karbo...


Ini Tahap Pertama saja, dari makan nasi atau karbohidrat 2 kali, kalo sudah terbiasa maka akan dikurangi menjadi 1 kali saja, sedangkan makan sayur dan buah menjadi 2 kali dalam satu hari. Satu lagi yang dilakukan bersamaan adalah olah tubuh, dengan yoga juga sudah oke.







Semoga dengan merubah pola makan dan olah tubuh, akan menjadi tubuh lebih sehat, bersahaja, bersemangat dan bahagia pastinya... Amin...



No comments: